Berita MGMP

Sabtu, 06 Januari 2018

Libur Sekolah dengan Aneka Agenda, Sudahkah Terlaksana?

BAGI seorang guru, libur semester seperti yang sudah dilewati mulai Senin (18/12/17) lalu dan berakhir pada Senin (1/1/18) sudah pasti menyenangkan. Apakah guru-guru meninggalkan daerah/ kota untuk pergi entah kemana atau hanya di rumah saja, tetaplah menyenangkan. Libur adalah waktu kesempatan untuk melepaskan aneka beban selama di sekolah.


Tentu saja para guru mempunyai agenda masing-masing dalam liburnya. Mungkin sekadar berlibur ke tempat-tempat wisata, di dalam dan atau di luar negeri. Atau pula yang memanfaatkan waktu libur untuk melaksanakan ibadah umroh ke Tanah Suci? Semua tergantung kepada guru masing-masing. Pertanyaannya, apakah sudah terlaksana atau berlalu begitu saja liburnya? Masing-masing guru pula yang akan menjawabnya.

Yang pasti setiap guru hendaknyalah berbagi pengalaman dalam liburannya. Berbagai agenda yang sudah dirancang, misalnya atau sekadar agenda dadakan, sebaiknya ditulis dalam bentuk laporan perjalanan atau informasi liburan. Alangkah eloknya jika setiap guru membagi pengalaman liburannya di media sosial semacam blog ini.

Bagi guru yang mereproduksi pengalamannya melalui tulisan, jelas berguna dalam rangka mengembangkan budaya literasi guru. Sementara bagi guru lain yang berkesempatan membaca catatan liburannya, jelas itu menjadi tambahan pengetahuan pula. Syukur, jika catatan itu mampu membawa perasaan pembacanya untuk seolah-olah merasakan atau ikut melaksanakan pengalaman liburan yang dihayati melalui catatan liburan itu.

Maka teruslah menulis, wahai para guru. Ada begitu banyak blog bersama yang dapat dimanfaatkan untuk memposting tulisan kita. Walaupun ada blog pribadi, tetaplah bertambah baik jika tulisan-tulisan itu juga dipublish di blog bersama yang boleh jadi pengunjungnya lebih banyak dari pada pengunjung blog pribadi. Ok, itu saja sekadar catatan mengingatkan.***

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda