Berita MGMP

Selasa, 29 Agustus 2017

Maju Bersama Ketika Anggota MGMP Berkarya

SALAM hormat penuh takzim disampaikan kepada semua rekan-rekan guru anggota MGMP --Mata Pelajaran apa saja-- yang berada di Kabupaten Karimun khususnya, Indonesia umumnya. Dengan ini berharap ayo kita bersama dalam wadah kita, MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) yang merupakan satu-satunya wadah kita untuk bermusyawarah membicarakan kepentingan dan eksistensi kita sebagai guru. MGMP ada karena kita --guru-- ada. Tiada guru, tiada pula MGMP. Itulah semboyan kita.

Kita tahu bahwa MGMP dibentuk untuk menindaklanjuti tuntutan undang-undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang pada pasal 20 mengamanahkan kepada kita, pendidik untuk terus-menerus meningkatkan kompetensi kita. Oleh undang-undang itu kita tidak boleh diam dalam posisi pasif atau stagnan begitu saja. Kita wajib berkembang, maju dan terus bertambah baik dalam kompetensi kita masing-masing.

Lahirnya MGMP --di SLTA-- dan atau KKG --di jenjang SD dan SLTP-- pada hakikatnya adalah untuk menindaklanjuti tuntutan itu. Itulah latar belakang sekaligus menjadi dasar hukum dan dan dasar tuntutan mengapa MGMP ada. Kini MGMP kita sudah ada. Meskipun dalam struktur MGMP kita di Kabupaten Karimun sedikit unik karena berkelompok lebih dari satu Mata Pelajaran dalam struktur pembinaannya, namun kita sudah mempunyai struktur di setiap kelompok Mata Pelajaran kita. Kini, kita tinggal mengembangkan diri kita saja lagi.

Blog ini ada, sebagaimana misinya adalah untuk menjadi wadah kita para pendidik untuk berkarya. Sungguh, betapa indahnya jika kita para anggota memanfaatkan halaman-halaman yang ada di blog ini sebagai tempat kita berkarya, tentunya di khazanah tulis-menulis. Sebagai pendidik, entah kita yang mendapat tugas ekstra sebagai Kepala Sekolah atau mungkin sebagai Pengawas Satuan Pendidikan dan atau Pengawas Mata Pelajaran di Satuan Pendidikan, kita sama-sama berhak sekaligus bertanggung jawab mengisi blog ini.

Ayo, kita maju bersama dengan aktif melahirkan karya-karya kita. Sekali lagi, betapa indahnya kita sebagai anggota MGMP bisa berkarya untuk pengembangan kompetensi kita. Dan yang lebih utama itu, tentu saja jika mau dan mampu pula majunya bersama-sama. Semua kita maju dan terus berkembang demi kemajuan pendidikan di Tanah Air kita, khususnya di daerah kita. Semoga.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda