Berita MGMP

Jumat, 06 Oktober 2017

MGMP Berlatih Mengelola Blog

UNTUK meningkatkan kemampuan di bidang tulis-menulis dengan media blog atau website anggota MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) SMA/ MA/ SMK dan Pengawas Pendidikan Kabupaten Karimun melaksanakan pelatihan mengelola blog, Jumat (06/10/17) siang menjelang petang. Pelatihan yang dilaksanakan secara mandiri itu bersifat suka-rela. Mandiri, karena terlaksana atas inisiatif sendiri, oleh guru sendiri dan untuk guru sendiri. Siapa saja gurunya dapat mengikutinya jika ada minat.

Tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi para guru agar mampu mengelola blog dan mengisi blognya dengan karya tulis masing-masing. Dengan kemampuan mengelola blog itu diharapkan para guru akan berkesempatan menuangkan pikiran, perasaan dan ide-idenya di blog dengan tulisan. Itu artinya secara tidak langsung para guru akan terlatih dalam kemampuan menulis.

Kegiatan yang baru pertama dilaksanakan ini bertempat di SMA Negeri 2 Karimun. Semula direncanakan di SMA Negeri 1 Karimun, namun belakangan disepakati di SMA Negeri 2 Karimun mengingat lokasi sekolah yang mudah diakses dengan transportasi yang mudah serta beberapa pertimbangan lainnya.

Nara sumber yang akan memberikan pelatihan diambil dari sesama guru juga. Sebagai pelatihan mandiri, tanpa biaya dari manapun, kegiatan ini bersifat 'dari guru, untuk guru dan oleh guru' tanpa harus mengeluarkan anggaran tertentu dari pihak lain. Bahkan biaya dari guru juga tidak ada yang dianggarkan karena semuanya serba suka-rela, termasuk narasumbernya. Pesertanya bersifat suka-rela, pelatihnya pun bersifat suka rela. Begitu juga tempat pertemuannya, tidak harus membayarnya. Memberikan pelatihan pada kegiatan pengelolaan blog ini adalah M. Rasyid Nur, mantan guru di SMA Negeri 3 Karimun dan Narno, guru SMA Swasta Maha Bodhi.

Seorang pserta tampak antusias mengikuti kegiatan
Ada dua blog/ web yang disosialisasikan pada kegiatan kali ini. Satu, blog  https://mgmpmenulis.blogspot.co.id/ dan lainnya http://kariclick.com/ yang diharapkan para guru dan pengawas yang ikut memahami dan mampu mengelolanya. Kepada para peserta diajarkan cara login dan menulis serta mempublish hasil karya yang sudah selesai dikerjakan.

Walaupun dilaksanakan di waktu siang menjelang petang, antusiasme peserta cukup tinggi mengikutinya. Sebagian bahkan sudah langsung memposting karyanya pada kesempatan pelatihan itu. Semoga mereka kelak menjadi pengelola yang handal dan handal pula menelorkan karya tulis yang bermutu.***

Pada pelatihan ini para guru yang ikut berjumlah...orang yang terdiri dari para guru dari....

2 komentar:
Write komentar
  1. Mudah2an pertemuan yg kita laksanakan bersama sama pada hari ini menjadi awal untuk melangkah lebih maju lagi khususnya dalam menulis..di dunia pendidikan

    BalasHapus
  2. Ya, saya kira harusnya begitulah, Bu Desi. Kita berlatih hari ini, dan teruslah kita berlatih di masa-masa seterusnya. Kita yakin, keberhasilan tidak akan tercapai jika latihan tidak diteruskan.

    BalasHapus

Berikan Komentar Anda