Berita MGMP

Jumat, 13 Oktober 2017

Orang Tua Peduli, Sekolah Maju

Sekolah yang maju itu pastinya tidak lepas dari keberhasilan guru (pendidik) dan pegawai (tenaga kependidikan) yang senantiasa siap mewujudkan cita-cita siswa-siswinya untuk berprestasi. Tapi masih ada komponen ketiga sebagai penentua juga, itu tentulah dengan partisipasi orang tua. Kerjasama pihak sekolah dan orang tua adalah faktor lain yang menentukan maju tidaknya sekolah. 

Orang tua atau wali murid yang peduli dengan sekolah sebagai bukti kepeduliannya kepada pendidikan putra-putrinya tidak akan lepas tangan dengan perkembangan dunia pendidikan, baik itu dari administrasi akademik maupun sarana sekolah yang sudah ada. Sarana prasarana sekolah bukanlah tidak lengkap atau tidak ada, hanya saja perlu ditingkatkan lagi untuk kenyamanan warga sekolah, khususnya pengguna fasilitas itu sendiri yakni siswa. 

Bukan maksud orang tua ikut campur tangan tentang manajemen sekolah, tapi selaku orang tua yang ingin prestasi terbaik untuk buah hati mereka dalam belajar maka orang tua memang wajib peduli kepada sekolah. Pasti kita sepakat bahwa jika orang tua peduli dengan sekolah maka pastilah sekolah tersebut akan berkembang dan maju.

Orang tua yakin apa yang disediakan oleh pihak sekolah sudah baik, dan tak salah juga kalau orang tua ingin yang terbaik yang ananda mereka. Fasilitas lengkap, terbaik, sempurna akan mendukung semangat belajar siswa, begitu juga sebaliknya, para guru akan nyaman dan tenang pula mengajar. 

Maka orang tua yang peduli terhadap ananda mereka, akan melakukan hal terbaik pula buat sekolah demi kenyamanan belajar putera-puterinya. Itu memang menjadi bagian tanggung jawab juga. Itulah yang disebut sebagai tanggung jawab bersama. Pndidikan itu memang merupakan tanggung bersama, Pemerintah, Orang Tua dan masyarakat, tentunya. 

Sesungguhnya kerja berat dan tanggung jawab orang tua seperti itu belumlah sebanding dengan kesabaran dan ketulusan guru-guru mereka mendidik dan mengajar buah hati mereka, buah kita juga. Guru sebenarnya mempunyai tanggung jawab yang jauh lebih berat. Itulah sebabnya kepedulian orang tua kepada sekolah anaknya, perlu.

Salah satu yang dilakukan orang tua peduli terhadap pendidikan anaknya yakni lewat ikatan keluarga orang tua yang biasa kita kenal dengan istilah paguyuban. Ini salah satu Paguyuban orang tua yang peduli di salah satu sekolah Dasar terfavorit di Karimun.

Harapan orang tua, apa yang dilakukan mereka kelak akan menjadi amal mariah mereka dan anak anak mereka berhasil dalam belajar.

Nofa Defita
Guru SMA Negeri 3 Karimun

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda