Berita MGMP

Jumat, 13 Oktober 2017

Catatan dari Workshop SPMI (2)

CATATAN kedua dari dua catatan tentang kegiatan workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang saya ikuti --hari Senin, 28/08/17-- lalu itu berisi beberapa catatan tentang penjelasan-penjelasan dari nara sumber kami. Penjelasan itu antara lain tentang bagaimana menimbulkan semangat (motivasi) dalam bekerja, tentang pretest yang sudah kami ikuti sebelumnya, dan beberapa penjelasan lainnya.

"Bersama kita bisa," itulah kalimat motivasi pagi yang diucapkan narasumber membuka suasana pertemuan kami pagi itu. Hari ini adalah hari kedua dari dua hari jadwal kegiatan Workshop SMPI yang dilaksanakan LPMP Provinsi Kepri di Kabupaten Karimun. Sesion pertama pada hari kedua ini, kami memulai dengan melakukan kegiatan. Adapun materinya adalah Kerja Kelompok yang disesuaikan dengan sekolah yang diundang. Untuk penghagat suasana pemateri meminta setiap kelompok diwakili oleh satu peserta untuk memperkenalkan nama, pekerjaan, kegemaran serta memperagakan binatang kesayangannya sebagai kegiatan awal itu. Sangat menyenangkan kami peserta.

Suasana didalam ruang tentu menjadi ceria ketika setiap peserta yang mewakili sekolahnya melakukan kegiatan sesuai arahan. Kepada setiap kami sebagai perwakilan sekolah diminta untuk membuat harapan pada sehelai kertas yang akan ditempelkan di 'pohon pengharapan'. Satu hal yang mungkin tidak biasa bagi kami hari ini adalah ketika kami akan menjawab pretes dengan cara on line.

Semua peserta dengan menggunakan laptop maupun HP androidnya masing-masing harus mendaftarkan diri dengan cara log in ke situs www.tinyurl.com/model27082017. Ini juga setelah kami mendapat arahan untuk melakukan kegiatan tersebut. Setelah itu kami para peserta harus memasukkan nama kami masing-masing, NIP, dan instansi (nama sekolah) yang kami wakili, barulah kami bisa  menjawab sebanyak 20 (dua puluh) soal tentang  materi Sistem Penjaminan Mutu Internal. Dan diikarenakan jaringan internet yang lemah setiap peserta harus memakan waktu yang lama untuk menjawab 20 pertanyaan tersebut.

Setelah kami selesai menjawab soal-soal pretes materi selanjutnya seluruh peserta harus mengerjakan Lembar Kerja dari narasumber. Di bagian ini memang terasa sedikit kesulitan. Sedikit harus memeras otak juga agar lembaran kerja itu dapat terisi dengan baik. Tentu saja kami tetap harus saling koordinasi, bagaimana mengisi yang benar. Petunjuk mengisi kami saling memberi dan menerima.

Pada intinya masalah yang harus selesaikan adalah mengenai 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan itu. Seperti sudah kita ketahui inilah 8 SNP itu:
1.  Standar Kompetensi Kelulusan.
2.  Standar Isi
3.  Standar Proses
4.  Standar Penilaian
5.  Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
6.  Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan
7.  Standar Pengelolaan Pendidikan
8.  Standar Pembiayaan

Itulah beberapa catatan yang perlu saya ulang sampaikan di sini. Walaupun kegiatan itu sudah lama berlalunya, namun saya merasa catatan ini masih layak untuk dibaca dipahami oleh rekan-rekan guru. Selamat membaca!

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda