Berita MGMP

Rabu, 11 Oktober 2017

Peran MKKS dalam Membina MGMP di Kabupaten Karimun

KETIKA forum musyawrah guru semacam MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) belum aktif di Kabupaten Karimun pada sekitaran tahun 2004 lalu, MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMA/ SMK/ MA yang sudah aktif berkegiatan sejak beberapa tahun sebelumnya berinisiatif membentuk forum pertemuan para pendidik itu. Forum MGMP yang sejatinya tempat para guru berkomunikasi dan berdiskusi dalam rangka mengembangkan diri akhirnya terbentuk di Kabupaten Karimun.

Pada tahap awal pembentukannya, semua guru untuk semua Mata Pelajaran (MP) dilaporkan oleh Kepala Sekolah dalam forum MKKS tenatng perlunya membentuk forum MGMP di Kabupaten Karimun. Semua sekolah, baik SMA, MA maupun SMK yang ada di kabupaten ini bergabung kaena pada awalnya MKKS juga merupakan gabungan Kepal Sekolah SMA, MA dan SMK. Kelompok guru yang mengajar di SMA dan MA bergabung dengan guru SMK.

Belakangan, atas pertimbangan MP antara SMA dan MA di satu sisi dengan MP di SMK di sisi lain ternyata sangat jauh berbeda, maka barulah berpisah MGMP dalam satu wadah sementara SMK membuat MGMP yang terpisah. Maka berjalanlah dua kelompok MGMP di Kabupaten Karimun, MGMP SMA/ MA dan MGMP SMK. Sementara MKKS-nya juga terdiri dari kelompok MKKS SMA/ MA dan MKKS SMK.

Dilihat dari urgensinya di sekolah, sejatinya MGMP dibentuk oleh Dinas Pendidikan Kabupaten yang pada saat itu adalah penanggung jawab pendidikan di daerah otonomi kabupaten. Sebagai penanggung jawab pendidikan di sebuah daerah otonomi, Dinas Pendidikanlah seharusnya yang memprakarsai berdirinya MGMP. Tapi di kabupaten dengan jargon 'bumi bersih berazam' ini keberadaan MGMP diawali dan diprakarsai oleh MKKS.

Kini, setelah MGMP antara SMA/ MA dan SMK terpisah, dan setiap MGMP juga sudah mengadakan kelompok sesuai dengan MP-nya saja, maka perjalanan MGMP Kabupaten Karimun dapat dikatakan sebagai MGMP yang teraktif melaksanakan pertemuan-pertemuan. Paling tidak, MGMP di SMA/ MA karena informasi MGMP di SMK sudah tidak terpantau lagi keberadaannya. Setiap bulan ada pertemuan MGMP SMA/ MA sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh MKKS.

Sebagaimana sudah ditentukan, jadwal pertemuan MGMP di Kabupaten Karimun adalah, Senin untuk MGMP Matematika, Selasa untuk MGMP IPA (Fisika, Kimia dan Biologi), Rabu untuk MGMP Bahasa (Indonesia dan Inggeris), Kamis untuk MGMP IPS A (Sejarah, PPKn dan Sosiologi) serta hari Sabtu untuk MGMP IPS B (Ekonomi dan Geografi). Jadwal-jadwal itu ditetapkan oleh MKKS dalam  pertemuannya.

Kini, setelah pengelolaan sekolah jenjang SLTA berpindah ke Provinsi, peran MKKS dalam mengelola MGMP di Kabupaten Karimun masih tetap ada dan dipertahankan sebagaimana biasanya. MGMP di Kabupaten Karimun tetap di bawah program MKKS SLTA Kabupaten Karimun walaupun SK Kepengurusan MGMP juga beralih dari Dinas Pendidikan Kabupaten, kini dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. Namun Kepala Sekolah Pembina setiap MGMP tetap para Kepala Sekolah yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Begitulah pentingnya peran MKKS dalam mengelola, membina dan memajukan MGMP di Kabupaten Karimun. Semoga para Kepala Sekolah, baik yang diminta menjadi 'pembina' maupun yang tidak menjadi pembina, tetaplah konsen membina bersama para guru di bawah wadah MGMP ini. Insyaallah para guru Karimun akan maju dan terus meningkat kemampuannya. Semoga.***

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda