Berita MGMP

Rabu, 15 November 2017

KUNJUNGAN ILMIAH MGMP IPA KE POLITEKNIK BATAM



Selasa, 14 November 2017, MGMP IPA (Fisika, Kimia dan Biologi) mengadakan kunjungan ilmiah ke Politeknik Batam. Dalam kunjungan ini, diterima oleh Ketua Prodi Jurusan Teknik Elektronika. Jumlah peserta yang hadir sebanyk 23 orang guru fisika, kimia, dan biologi. Kunjungan ini merupakan bagian dari program kerja MGMP IPA. Kegiatan MGMP IPA dilaksanakan  setiap sebulan sekali  secara bergantian di sekolah yang berbeda. Pada akhir tahun ini, dipilih kunjungan ilmiah ke perguruan tinggi sebagai langkah untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang perguruan tinggi yang ada di Kepulauan Riau. 


Dalam sambutannya, Pak Iwan menjelaskan bahwa awalnya Polibatam merupakan Perguruan Tinggi Swasta di bawah Yayasan Pendidikan Batam yang beranggotakan Otorita Batam, Institute Teknologi Bandung, Pemerintah Kota Batam, dan Universitas Riau. Seiring dengan perkembangan kinerja dan prestasi yang telah diraih selama satu dasawarsa, pada tanggal 18 Oktober 2010, Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2010 menetapkan secara resmi Polibatam menjadi PTN dengan nama Politeknik Negeri Batam. Sejak tahun akademik 2011/2012, status mahasiswa dan lulusan Polibatam adalah mahasiswa dan lulusan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Pemerintah.
Sebagai Perguruan Tinggi jalur vokasional yang berorientasi pada penguatan kemampuan praktek dan keterampilan mahasiswanya, proses pendidikan Polibatam didukung infrastruktur gedung yang sangat memadai. Gedung bebas asap rokok tersebut, berdiri kokoh diatas lahan seluas 12,5 Ha di pusat kota Batam, Batam Center. Gedung Utama tersebut merupakan pusat aktivitas manajemen, dosen dan proses kegiatan akademik dilakukan. Fasilitas digedung ini meliputi 20 ruang kelas, 29 laboratorium, perpustakaan, ruang administrasi, dan ruang layanan informasi serta berbagai sarana umum seperti masjid, kantin, dan auditroium yang cukup luas dengan daya tampung sekitar 1000 orang.
Dasar Pendirian Politeknik Batam dengan Akta Pendirian Notaris Soehendro Gautama, SH, Tgl 30 Mei 2000 No 115 Yayasan Pendidikan Batam kemudian mendirikan Politeknik Batam. Gedung Pertama masih di Gedung Tongkang Pertamina di Batu Ampar. Tahun 2001 Peresmian & Penandatanganan Prasasti Politeknik Batam oleh Mendiknas Dr. Yahya Muhaimin. Pada Tahun 2003 baru dimulai pendirian gedung Politeknik Batam di Batam Centre. Pada acara peletakan batu pertama pendirian gedung Polibatam dilakukan oleh bapak Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bapak Prof. Malik Fajar. Wisuda angkatan pertama Polibatam juga pada tahun 2003. Pada tahun 2004 ketiga program studi Teknik Informatika, Akuntansi, dan teknik Elektronika mendapatkan akreditasi B. Akreditasi 3 Program Studi, seluruh program studi memperoleh akreditasi B (007/Ban-PT/Ak-IV/Dipl-III/VII/2004).
Sejak tahun 2005 kegiatan belajar mengajar mulai Pindah di gedung kampus baru Politeknik Batam di Batam Center. dan pada tahun 2006 secara resmi gedung Politeknik Batam diresmikan oleh presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Kampus Polibatam mendapatkan ISO 9001:2000 pada tahun 2006 dilakukan penerapan sistem manajemen mutu dan ISO 9001:2000.
Politeknik Negeri Batam, terdiri dari 4 Jurusan yang terdiri dari 8 Program studi baik Diploma 3 (D3) dan Sarjana Terapan/Diploma 4 (D4), serta 1 program Pengakuan Pembelajaran Lampau (PPL) Program Studi Teknik Informatika.
Adapun Jurusan Tersebut yaitu:
1. Jurusan Teknik Mesin, terdiri dari Program studi Teknik Mesin (D3), Teknik Mesin Konsentrasi Perawatan Mesin Pesawat Terbang (D3), Teknik Perencanaan Konstruksi Kapal (D3).
2. Jurusan Teknik Elektronika, terdiri Program studi Teknik Elektronika (D3), Teknik Instrumentasi (D3), Manufaktur Elektro (D3), Teknik Kecerdasan Buatan dan Robotika (D4), dan Teknik Mekatronika (D4).
3. Jurusan Teknik Informatika, terdiri dari Program studi Teknik Geomatika (D3), Teknik Informatika (D3) dan Teknik Multimedia dan Jaringan (D4).
4. Jurusan Manajemen Bisnis, terdiri dari Program studi Akuntansi (D3), Akuntansi Manajerial (D4) dan Administrasi Bisnis (D4).
5. Lanjut Jenjang, Terdiri dari Akuntansi Manajerial (D4), Administrasi Bisnis Terapan (D4),  Teknik Multimedia dan Jaringan (D4), dan Mekatronika (D4).
Pada akhir kunjungan, kami dari MGMP IPA berharap agar POLTEK Batam ini lebih mensosialisasikan dan mempromosi ke daerah-daerah khususnya Kabupaten Karimun sehingga banyak peserta didik dari Karimun mau melanjutkan kuliahnya ke Poltek Batam karena kami melihat besarnya potensi Poltek Batam untuk memajukan pendidikan di Kepulauan Riau ini. Kami juga diberi kesempatan untuk melihat ruangan belajar dan laboratorium yang ada di Poltek Batam. Mudah-mudahan kerjasaam ini tetap berlanjut ke depan dan kami MGMP IPA bisa mempromosikan bahwa di daerah kita ada politekni yang mampu bersaing di ajang nasional.


Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda