Berita MGMP

Kamis, 27 April 2017

Mantan Guru Mencabar Guru

M Rasyid Nur
TERHITUNG 1 Mei 2017 selesailah sudah saya melewati masa saya sebagai guru PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau nama barunya ASN (Aparatur Sipil Negara) setelah saya jalani kurang lebih 33 tahun. Diangkat pada tahun 1994 dan dinyatakan pensiun 2017, tentu saja itu bukan waktu yang singkat. Suka-duka, pahit-manis, derita-bahagia, dst saya jalani sebagaimana mestinya.

Sebagai guru (saya mengajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, sesuai kualifikasi pendidikan S1 saya) tentulah bersama guru yang lebih banyak waktu-waktu saya, tanpa menapikan cukup banyak juga waktu-waktu saya berkecimpung di luar kegiatan guru. Lima tahun terakhir, sebagai Kepala Sekolah --SMA Negeri 3 Karimun-- oleh MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) Kabuopaten Karimun saya ditunjuk sebagai pembina kelompok MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) IPS-B. Kelompok MGMP IPS-B terdiri dari para guru yang mengampu Mata Pelajaran (MP) Ekonomi dan Geogafi se-Kabupaten Karimun. Jadi, meskipun saya berkualifikasi dan mengampu MP Bahasa Indonesia, namun saya dipercaya sebagai pembina kelompok karena untuk kelompok MGMP Bahasa (Bahasa Indonesia dan Inggeris) sudah ditetapkan Kepala Sekolah lainnya.

Pada MGMP IPS B inilah saya merasakan betapa keakraban antar dan inter guru itu sangatlah penting dan menguntungkan. Berbagai aktivitas dapat dibuat untuk kemajuan dan pengembangan kompetensi guru itu sendiri. Lahirnya blog MGMPMENULIS yang diprakarsai oleh beberapa teman guru di kelompok MGMP IPS-B ini adalah salah satu cara dan hasil yang didapatkan oleh para guru di sini.

Nah, karena saya adalah salah satu yang berada di dalam kelompok ini, dan sejak akhir Januari lalu tidak lagi menjadi Kepala Sekolah yang berarti tidak juga lagi menjadi pembina MGMP ini, maka saya merasakan betapa kebersamaan di dalam MGMP ini sedikit demi sedikit akan berkurang. Dan setelah saya akan pensiun di awal Mei ini otomatis kebersamaan 'resmi' itu akan benar-benar berakhir. Jika pun ada waktu untuk bersama, tentulah di luar posisi saya sebagai guru PNS/ ASN.
Salah Satu Momen Kegiatan MGMP

Melalui halaman ini, saya sebagai mantan guru (PNS/ ASN) ingin mengajak terus rekan-rekan guru yang masih aktif dan eksis untuk terus eksis di blantika tulis-menulis. jauhkan perasaan 'tidak bisa' menulis yang selalu menghambat kita untuk menulis. Berulang-ulang saya sampaikan di berbagai forum sesama guru selama ini bahwa menulis itu wajib hukumnya bagi kita. Dari mana saja kita memandang diri kita dalam posisi sebagai guru, maka kewajiban menulis tidak dapat dielakkan. Untuk mempersiapkan panduan dan materi ajar, kita harus menulis. Untuk menyampaikan pesan atau harapan, kita harus menulis (selain berbicara). Dan untuk usulan kenaikan pangkat, kita pun harus menulis. Maka jangan selalu pikirkan penghalang untuk menulis.

Sekali lagi, saya mencabar rekan-rekan semua untuk teruslah menulis, menulis dan menulis. Ini saya tekankan karena saya merasa tidak/ kurang berhasil selama ini dalam usaha untuk menjadi penulis. Hingga usia saya pensiun, tidak banyak yang dapat sumbangkan dalam blantika tulis-menulis berbansding teman-teman saya di Universitas Riau, dulu. Maka hanya kepada kalian (guru) yang selama sudah malang-melintang berjuang untuk menjadi guru yang baik, saya sampaikan cabaran ini. Insyaallah kalian akan jauh lebih sukse dari pada saya nantinya, amin. Sekian dan terim kasih.***

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda