Sebenarnya ini hal yang biasa dilakukan oleh seorang guru, mungkin ada yang berfikir terlalu muluk untuk menuliskannya di blog. Tapi ya biarlah, mudah-mudahan dengan pengalaman ini, masih ada guru yang terbantu untuk memudahkan mengajar di dalam kelas. Seperti hadis nabi, sampaikanlah walau satu ayat mungkin bermanfaat untuk sesama guru.
Jadwal
supervisi sudah ditetapkan oleh sekolah, untuk mata pelajaran ekonomi
saya akan disurvisi oleh sahabat saya, Bapak Irwan Rajab, SPd, M.M. Saya
dengan beberapa orang teman antara lain : Ibu Sukma Sutryati, SE,
(Ekonomi), Ibu Pebrihesti, SPd (Ekonomi), Ibu Priyanti, SPd (B.
Inggris), Ibu Suprhatin, SPd serta Pak Samsul Hadi, SPd. Jadwal
Supervisi saya pada hari Selasa di kelas X.1 jam 5-6.
Lonceng
berbunyi tanda masuk jam pelajaran setelah istirahat (jam 10.35).
Inilah jadwal saya akan disepervisi. Persiapan pertama saya mengabsen
siswa. Peserta didik pada kelas X.1 sebanyak 38 siswa, pada hari yang
bersangkutan hadir sebanyak 35 siswa, 2 dengan kabar sakit, 1 tidak ada
berita berarti alpa.
Setelah
mengabsen saya sedikit memberikan ilustrasi kepada siswa makan apa di
kantin tadi. ada yang menjawab makan bakso dengan puding maksudnya minum
air putih dingin) ada yang makan nasi lemak dengan es teh dan banyak
lagi jawaban yang diberikan siswa kemudian saya menyebutkan 1 nama
(indra) jenis permintaan yang mana dengan berbelanja di kantin tadi
sewaktu istirahat tadi. Secara spontan beberapa orang siswa mengangkat
tangan ingin menjawabnya. Jawabanya permintaan efektif bu, bagus jawab
saya sambil meminta siswa yang lainya memberikan applus kepada indra
(karena jawabannya benar) terima kasih anak-anak karena masih mengingat
materi kita minggu. ( pendahuluan 10 menit pertama)
Hari
ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai faktor yang mempengaruh
permintaan, hukum permintaan, kurva permintaan, kata saya. Sebelum
memulai menjelaskan siswa dijadikan menjadi beberapa kelompok kecil yang
terdiri dari 4 sampai 5 orang satu kelompoknya. Siswa diminta
memperhatikan powerpoint yang berisi materi yang ingin dicapai pada
pertemuan hari ini. Setelah selesai menjelaskan setiap kelompok
diberikan waktu untuk memahami materi. Mungkin ini yang baru dari metode
pembelajaran hari ini.
Saya
membuat lembar kerja siswa, dimana setiap kelompok harus menjawab
soalan materi yang saya buat dalam bentuk TTS yang saya beri nama Teka
Teki Siswa. Selama 10 menit mereka berusaha mengotak-atik TTS yang saya
berikan setelah selesai setiap kelompok mengumpulkan hasil kerjanya. 10
menit berikutnya kami menjawab bersama-sama TTS nya setiap kelompok maju
menjawab pertanyaan-pertanyaan dari TTS tersebut. Setelah selasai saya
bertanya kembali kepada siswa tentang materi yang baru saja mereka jawab
dalam bentuk TTS (10 menit terakhir) sambil mengingatkan jangan lupa
materi untuk minggu depan adalah tentang penawaran.
Buat
sahabat guru mata pelajaran ekonomi, ini merupakan metode baru saya
untuk memotivasi siswa untuk memahami materi yang pastinya jauh dari
sempurna, karena itulah saya menulis ini di blog saya. Semoga ada
komentar-komentar yang membangun serta berbagai cara untuk mendidik
siswa siswa kita. Komentar yang saya harapkan tidak hanya dari siswa
tapi juga dari rekan-rekan guru. Selamat membaca.***
Tidak ada komentar:
Write komentarTinggalkan Komentar