Berita MGMP

Minggu, 05 Februari 2017

MGMP Rekreasi Pendidikan di Batam

BERANGKAT menggunakan KM Mikonata dari pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun, tiba di Pelabuhan Sekupang Batam sekitar pukul 09.10 rombongan MGMP IPS B Kabupaten Karimun meneruskan perjalanan dengan bus setelah menunggu jemputan hampir setengah jam. Setelah bus UIB tiba rombongan terus dibawa ke kampus Universitas Internasional Batam itu.

Setengah jam berikutnya rombongan sudah sampai di kampus berlantai lima itu. Langsung oleh pihak UIB diajak melihat-lihat beberapa ruangan kegiatan perkuliahan dan praktik mahasiswa yang ada di kampus dengan nuansa warna krem itu. Para dosen muda yang menjadi pemandu rombongan dengan telaten menjelaskan berbagai hal. Rombongan sendiri sangat antusias menyimak penjelasan pihak UIB.

Hari Sabtu Ahad (4-5/02/17) itu adalah hari penting dan bercatatan khusus bagi teman-teman guru yang tergabung dalam wadah MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) IPS B yang mencakup Mata Pelajaran Eknomi dan Geografi. Hari itu mereka melaksanakan  perjalanan rekreasi ke Batam. Ini adalah pertama dilakukan oleh kelompok guru di Kabupaten Karimun.
Penyerahan Tanda Kenangan di UIB

Sasaran awal sebenarnya ingin mengadakan semacam studi banding ke satu-dua SMA terkenal di Batam. Para guru yang rutin melaksanakan pertemuan MGMP secara bulanan itu ingin mengetahui lebih dekat tentang proses pembelajaran dan atau kegiatan lainnya di sekolah-sekolah yang ada di Kota Batam. Itu program dan rencana awal untuk mengubah suasana pertemuan yang selama ini secara rutin diadakan di Kabupaten Karimun.

Belakangan rencana itu berubah. Sasaran awal ke sekolah yang setingkat akhirnya diputuskan untuk mengunjungi Perguruan Tinggi (PT) yang ada di kota industri itu. Setelah menghubungi UIB dan UIB berkenan menerima kunjungan rekreasi pendidikan ini, maka jadilah kunjungan ini dengan sasaran UIB. Sebanyak 32 orang anggota ikut serta dalam kunjungan dengan label 'Kunjungan Pendidikan' itu.
Pertemuan di Ruang Telekonprens

Selama di UIB (dari pukul 10.45-11.50) rombongan guru-guru Karimun menyimak berbagai hal penjelasan pihak UIB. Di salah satu ruangan, semacam dapur praktik masak-memasak, milsanya seorang ketua program studi pariwisata menjelaskan bagaimana UIB mendidik mahaiswa yang mengambil jurusan pariwisata. Begitu juga para dosen lain sesuai tugas pokok dan fungsinya di UIB. Bahkan ketika mengadakan pertemuan di salah satu ruang, kepada guru-guru juga diperkenalkan kerjasama UIB dengan perguruan tinggi di Taiwan. Saat itu diadakan telekonprensi antara salah seorang kandidat doktor dari UIB yang kuliah di Taiwan dengan para guru.

Rekreasi Pendidikan yang difasilitasi oleh UIB tidak hanya dengan menikmati suasana di kampus sambil belajar tapi juga diajak berkeliling di Batam hingga sampai ke Pantai Nongsa. Para guru benar-benar menikmati suasana selam di Batam. Di hari pertama ini para guru benar-abenar memanfaatkan waktu untuk menikmati Batam. Malamnya masih menyempatkan diri ke mall dan pusat belanja lainnya. Menginap di Hoptel Zest, di sinilah penutup hari pertama.***

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda