Berita MGMP

Rabu, 15 Maret 2017

Belajar Koperasi: Pengalamanku Kali Ini (1)

Seperti biasa, hari ini tanggal 22 Februari 2017 jam 11.20 masuk ke kelas XII IPS 1. Materi hari ini adalah tentang Memahani Pengelolaan Koperasi dalam Kewirausahaan. Berdasarkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang sudah dibuat pada awal tahun pelajaran, hari ini saya akan membahasa materi, bagaimana memahami pengelolaan koperasi dalam kewirausahaan, bersama siswa. 

Seperti yang sudah direncanakan, saya sudah memprogramkan bahawa materi ini akan diajarkan sebanyak 3 kali pertemuan dengan alokasi waktu 3 X 45 menit. Pada pertemuan pertama ini saya merencanakan pada 10 menit pertama, seperti biasanya siswa mengucapkan salam, dan karena pelajaran pada jam ke-6 maka kami tidak berdoa. Untuk selanjutnya saya memberikan motivasi kepada siswa XII IPS 1 ini dengan memberikan contoh kegiatan yang menyangkut dengan materi koperasi. 

Selanjutnya saya memulai pada kegiatan inti dengan mulai menyampaikan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) terlebih dahulu. Untuk pertemuan hari ini saya bersama siswa akan mengidentifikasi organisasi dan pengelolaan koperasi. Ini memakan waktu 25 menit, setelah itu saya meminta siswa semua untuk memperhatikan video tentang pendirian koperasi serta beberapa contoh dari koperasi sukses di beberapa wilayah di Indonesia. Video pembelajaran ini memakan waktu selama 25 menit. Setelah itu saya mulai bertanya kepada siswa apa manfaat dari mempelajari koperasi. 

Untuk lebih memaksimalkan pengetahuan siswa tentang organisasi serta pengelolaan koperasi saya meminta siswa untuk mempraktikkan cara mendirikan koperasi. Siswa saya bagi menjadi 2 kelompok, sehingga 1 kelompok terdiri dari 17 dan kelompok satunya 18 orang. Saya mulai membimbing siswa untuk mulai mencari informasi bagaimana koperasi itu di dirikan. Dengan harapan jika  siswa dibimbing untuk belajar cara mendirikan koperasi. Untuk hari ini saya menggunakan metode bermain drama bagi menyesuaikan materi sehingga siswa dapat merasakan bagaimana cara mendirikan koperasi. 

Sambil berjalan mendengarkan mereka membuat perencanaan pendirian koperasi dengan menyesuaikan materi yang ada, saya membantu mereka untuk lebih memahami materi organisasi serta pengelolaan koperasi. 

Pada 45 menit terakhir pelajaran saya mulai menanyakan bagaimana dengan proposal serta skenario drama yang akan mereka tampilkan pada pertemuan berikutnya.  Sampai dengan sisa 15 menit terakhir pelajaran saya mulai mengarahkan siswa semua untuk lebih melengkapi materi dan mulai bertanya materi sekitar organisasi serta pengelolaan koperasi yang baru saja disampaikan dan dibicarakan bersama mereka. Lalu memimpin mereka untuk berdoa serta menyanyikan lagu daerah seperti program sekolah sebagai bagian akhir dari proses pembelajaran hari ini. (bersambung)
Siti Nurbaya AZ, SE
Guru Ekonomi SMA Negeri 2 Karimun

Tidak ada komentar:
Write komentar

Berikan Komentar Anda